Visi dan Misi

Visi dan Misi Dinas Komunikasi dan Informatika Rencana Strategis Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak disusun mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) Kota Pontianak Tahun 2015 – 2019, berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah Kota Pontianak Tahun 2015 – 2019, disusun sebagai penjabaran agenda dalam pembangunan Kota Pontianak lima tahun kedepan dalam mewujudkan visi dan misi Kota Pontianak. Visi dan misi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak untuk tahun 2015 – 2019 mengacu kepada visi dan misi Kota Pontianak Tahun 2015 – 2019, yaitu “Pontianak Kota Khatulistiwa Berwawasan Lingkungan, Terdepan dalam Kualitas Sumber Daya Manusia, Prima dalam Pelayanan Publik, Didukung dengan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih”. Visi dan misi Kota Pontianak sebagai dasar Dinas Komunikasi dan Informatika dalam menentukan langkah strategis dalam pengelolaan bidang urusan informasi dan komunikasi di Kota Pontianak. Visi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak tahun 2015 – 2019 adalah sebagai “Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Informasi Publik Kota Pontianak Berbasis E-Government” Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak sebagai salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) yang mempuyai tugas dan fungsi di bidang komunikasi, informasi dan statistik dengan visi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan informasi publik Kota Pontianak berbasis e-Government, dapat diwujutkan dengan kebijakan strategis pengembangan terhadap layanan masyarakat atau aparatur yang berbasis e-gavernment, serta pengembangan Website di masing – masing OPD dan didukung dengan penyediaan oprasional pusat layanan pengaduan (Command Center) Kota Pontianak yang berbasis e-gavernment serta meningkatan dan pengembangan LPSE Kota Pontianak yang basis e-gavernment dan mendorong masyarakat untuk memanfaatkan internet sebagai salah media informasi dan komunikasi konvensional medukung pembanguan di Kota pontianak media e-lawar). Penyebarluasan informasi melalui TIK namun masih dibutuhkan melalui media konvensional dan tatap muka langsung serta mewujudkan pengembangan data dasar statistik sektoral Kota Pontianak berbasis e-gavernment.

Upaya untuk mewujudkan visi Dinas Komunikasi dan Informatika dengan Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Informasi Publik Kota Pontianak Berbasis E-Government dengan melalui 4 (empat) misi pembangunan sebagai berikut :

    Meningkatnya profesionalisme aparatur dan profesionalisme birokrasi.

    Meningkatkan pelayanan publik dan akses informasi masyarakat berbasis teknologi informatika.

    Meningkatkan kualitas dan kapasitas infrastruktur jaringan dan aplikasi sistem pemerintahan dan pelayanan publik berbasis potensi lokal.

    Meningkatkan kuantitas dan kualitas data sektoral Kota Pontianak.

'