Kunjungan Peserta Pelatihan Kehumasan Tahun 2019 ke Pemerintah Kota Pontianak

Co-Working Space Kota Pontianak Beri Fasilitas Gratis
10/10/2019
MAN 2 Pontianak Raih Juara 1 Lomba Film/Video Pendek Antar SMA/SMK Se-Kota Pontianak 2019
21/10/2019

Kunjungan Peserta Pelatihan Kehumasan Tahun 2019 ke Pemerintah Kota Pontianak

Kamis (10/10/2019) sebanyak 30 peserta Pelatihan Kehumasan Tahun 2019 yang digelar oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Barat berkunjung ke Pemerintah Kota Pontianak. Kunjungan ini dalam rangka pembelajaran berkaitan dengan Pengelolaan Media Online dan melihat perkembangan yang telah dilakukan di bagian media online yang telah diterapkan oleh Pemerintah Kota Pontianak.

Pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya bidang humas & public relations saat ini semakin mutlak diperlukan menyongsong Asean Economic Community. Terutama yang bertugas di bidang komunikasi, media, teknologi informasi, dan kehumasan. Sangat dibutuhkan transformasi kualifikasi professional humas dan public relations yang mumpuni agar institusi/perusahaan tetap unggul bersaing. Tak terkecuali para staf humas dan public relation instansi pemerintahan, baik di pusat ataupun pemerintahan daerah.

Diklat Kehumasan adalah suatu kegiatan pengembangan dan pelatihan formal yang membahas tentang pengertian publik yang lebih baik  dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individual maupun organisasi. Dengan adanya diklat kehumasan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam menciptakan suatu informasi dan berita yang tepat dan akurat. Tentunya dgn tetap memperhatikan kode etik jurnalistik ketika menyampaikan sebuah informasi/berita kepada publik.

Kehumasan berasal dari kata ”humas” yaitu hubungan masyarakat. Hubungan masyarakat adalah sebuah organisasi atau individual yang mendapatkan eksposur ke masyarakat luas. Humas menggunakan topik kepentingan publik dan berita yang tidak memerlukan pembayaran langsung. Tujuan dari humas oleh adalah untuk membujuk masyarakat, investor, mitra, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mempertahankan sudut pandang tertentu tentang hal kepemimpinan, produk, atau keputusan politik. Selain itu tugas umum Humas termasuk berbicara di konferensi,  bekerja sama dengan pers, dan komunikasi pegawai.

Tugas utama humas antara lain membuat kesan yang baik dan citra positif; menciptakan ketertarikan;  memciptakan simpati publik; penerimaan pengetahuan dan menanamkan pengertian/ pemahaman (informasi). Materi pembelajaran pada visitasi peserta Pelatihan Kehumasan ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Elektronik dan Telematika Diskominfo Kota Pontianak, Syamsul Akbar, ST, M.Eng, M.Sc dan Kepala Sub. Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Jimmy Ibrahim di ruangan Pontianak Interactive Center.

itu

Comments are closed.

'